Mengenai Saya

Foto saya
232 orang, dua program studi, berada dalam kesatuan keluarga jurusan kelautan

Selasa, 15 November 2011

Panduan Berorganisasi

Salam semangat seasquad!

Guys, tak terasa kita sudah memasuki tahap dan jenjang baru dalam kehidupan, kita telah memasuki dunia mahasiswa. Tentunya kita semua setuju bahwa mahasiswa memiliki peranan penting dalam kehidupan bernegara. Masih ingat dengan peristiwa revolusioner yang dicetuskan oleh mahasiswa tahun ’98? Ya, tak salah bila mahasiswa disebut sebagai “agent of change”

Akan tetapi tidak semua mahasiswa dapat digolongkan ke dalam kategori “agent of change”, hanya yang berpikir kritis dan peduli terhadap kehidupan bangsa dan negara yang dapat beperan sebagai agent. Sikap kritis dapat ditimbulkan salah satunya dengan cara aktif berorganisasi. Dengan berorganisasi kita dapat mendengar tak hanya  pemikiran dan gagasan kita sendiri, melainkan bermacam-macam pemikiran dan gagasan dari orang lain, dari situlah timbul rasa ingin tahu, rasa ingin berdiskusi dan bertukar pendapat untuk meyatukan visi.

dan berikut adalah sedikit panduan dan petunjuk tentang berorganisasi

HUBUNGAN ANTAR MANUSIA
Berbicara mengenai organisasi tentu harus membicarakan juga tentang manajemen. Organisasi adalah satu bagian dari kegiatan dalam manajemen. Manajemen kaitannya erat sekali dengan hubungan antar manusia. Tugas dari manajemen adalah mengupayakan pekerjaan bersama banyak orang dengan hasil yang memuaskan. Bekerja dengan alat peralatan, mesin dan bahan apapun didalam sebuah organisasi hanya dapat terlaksana melalui orang. Berurusan dengan orang-orang, yang memiliki berbagai pengetahuan masing-masing, kekhasan dan adat istiadat adalah tugas utama dari manajemen.

Kontak pribadi
Kontak pribadi adalah kunci dari keberhasilan. Seorang pemimpin tidak dapat dijamin hasilnya apabila ia hanya memerintah dari belakang mejanya. Ia seyogianya turut terjun dilapangan.

Diperlukan ketegasan
Ketegasan diperlukan untuk menyelesaikan tugas dengan baik. Bertindaklah dengan simpati, penuh pengertian, namun jangan dilupakan bahwa kebaikan hati harus disokong oleh suatu ketegasan.

Penggunaan kata-kata
Hubungan yang sudah baik dapat retak disebabkan oleh beberapa kata yang berang. Orang kadang-kadang lupa mengerem lidahnya.

Kepercayaan
Orang selalu mempunyai masalah pribadi masing-masing. Janganlah menolak apabila mereka datang kepada anda untuk minta nasehat. Kedatangan mereka berarti bahwa mereka mempercayai dan menghormati anda. Persoalan pribadi sekecil apapun bagi mereka adalah penting, dan ini juga harus pula penting bagi anda.

Sentuhan hati
Seseorang akan tergetar hatinya, padahal ia hanya mendapat sebuah sentuhan yang demikian kecilnya. Ia akan mengingatnya berhari-hari lamanya. Ia akan memperlihatkan perbedaan besar yang positip dalam kehidupan sehari-harinya disebabkan oleh sentuhan-sentuhan kecil tadi. Pada umumnya hubungan baik antar sesama manusia tidak memerlukan banyak upaya. Namun betapa seringnya, pemimpin yang telah berpengalaman dan pandai dalam hal-hal lain, sama sekali mengabaikan cara pendekatan demikian

Penting dan berguna
Seseorang ingin dianggap penting dan berguna bagi organisasi nya. Semakin besar organisasinya dan semakin banyak pengetrapan automatisasi, maka semakin banyak pula diperlukan perlakukan khusus kepada orang-orang yang bekerja didalamnya.

Nama.
Nama merupakan kata yang terpenting bagi seseorang. Berusaha lah untuk mengingat dan menyebut namanya apabila menyapa untuk menghindari kekecewaan anggota. Sebaliknya apabila memanggil seseorang yang tidak banyak berhubungan dengan anda dengan namanya, akan memberikan dampak yang sangat baik.

Penghargaan
Jangan segan mengutarakan sepatah kata penghargaan kepada seseorang demi meningkatnya semangat dan prestasi kerja orang tersebut. Setiap orang ingin dihargai. Pujian adalah alat manajemen yang terindah, termurah dan barangkali terbaik.

Pembinaan disiplin.
Memikirkan dan mengatur kesejahteraan anggota mengakibatkan tumbuhnya disiplin dikalangan anggota. Apabila hal ini dikerjakan dengan baik, niscaya anggota akan melakukan segala sesuatu yang mungkin demi kesetiaan kepada anda dan organisasi

Jabatan tinggi terbatas jumlahnya.
Kebanyakan dari kita harus menjalani hidup hanya sebagai orang nomor dua atau tiga atau sebagai rendahan. Namun banyak orang tidak dapat menerima keadaan tersebut. Mereka menjadi kecewa dan tidak puas selanjutnya frustrasi. Mencapai puncak bukan segala-galanya dalam hidup. Barangkali kita memiliki beberapa hal yang orang-orang diatas tadi bersedia membayar tinggi untuk memilikinya, yang benar-benar
sama pentingnya seperti jabatan tinggi yang dipegang mereka. Oleh karena itu janganlah merasa terlalu terganggu apabila tidak mendapatkan jabatan tertinggi.

Janji-janji
Jangan sekali-kali menjanjikan sesuatu yang tidak dapat anda penuhi, karena sesuatu janji mengenai prospek masa depan seseorang adalah hal yang serius dan benar-benar akan diingat bertahun-tahun
.
Hubungan yang manis dan bermadu
Hubungan antar manusia tidak senantiasa semua manis dan bermadu. Ada saatnya kita sungguh-sungguh harus tegas dan ada saatnya dimana mengadakan pendekatan ramah. Orang-orang yang memang kurang potensial harus diberhentikan.

Mengembangkan anggota
Tugas utama seorang Pimpinan adalah mengembangkan dan membantu anggotanya. Apabila ini berhasil maka tugas-tugasnya akan berhasil lebih baik, dan ia mempunyai anggota-anggota yang trampil dan terlatih baik.

Bayangkan anda jadi orang lain.
Anda akan memberikan keputusan yang melibatkan orang lain. Sebelum itu dilaksanakan bayangkan dulu diri anda jadi orang lain. Bayangkan dampak keputusan anda dilihat dari segi orang lain itu. Pertimbangkanlah semua seginya dan janganlah bertindak terburu nafsu. Dengan cara ini anda akan sampai pada keputusan yang tepat. Adanya bawahan yang bertipe "asal bapak senang" merupakan bahaya bagi seorang pemimpin. Pemimpin memerlukan staf yang mampu mengemukakan pendapat-pendapat yang berbeda. Ia harus secepat mungkin mengenali si-pengekor dan si-penjilat. Seseorang pimpinan yang sibuk mudah menarik kesimpulan-kesimpulan yang keliru. Staf yang dapat berpikir mandiri dapat memperbaiki kesalahan-kesalahannya.


TEKNIK BERORGANISASI.

Menjalankan sebuah organisasi berapapun besarnya tak pernah akan dapat terlaksana dengan baik hanya dengan satu orang. Hal ini hanya dapat diselenggarakan dengan efisien oleh sebuah tim, yang terdiri dari orang-orang yang bertindak bersamasama.

Organisasi adalah suatu wadah formil dimana sejumlah orang bekerja sama untuk mencapai maksud yang sama. Manfaat berorganisasi adalah untuk :

a. Mengadakan kerja sama. Dapat dicapai sesuatu yang tidak dapat dilaksanakan secara sendiri-sendiri.
b. Hubungan antar manusia. Saling isi mengisi, tambah pengetahuan dan pengalaman serta meluaskan                   pandangan.
c. Menimbulkan rasa kebersamaan dan persatuan.
d. Mendorong orang untuk berpartisipasi dalam pengembangan kemampuan sendiri maupun masyarakat             umum.

Perbedaan antara maksud dan tujuan dalam organisasi.
Maksud adalah arah yang luas sesuatu proyek. Arah yang luas ini dapat dicapai melalui beberapa tujuan khusus.
Tujuan menjelaskan secara terperinci perihal proyek tersebut, yakni :
a. untuk siapa
b. oleh siapa
c. lamanya
d. dimana
e. apa yang ingin dihasilkan

sumber: PETUNJUK BERORGANISASI
Oleh : Barata – YBØAY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar